Trik Penerapan dan Pemeliharaan Lantai Kayu


Jika anda suka dengan tempat yang terkesan etnik, silahkan coba menggunakan lantai kayu. Hebatnya lagi, ciri-ciri alamiah kayu membuat kesan ruangan anda menjadi sejuk dan hangat. Kesan sejuk sewaktu musim panas, dan hangat sewaktu cuaca dingin. Dengan beranekaragam motif parket kayu yang tersedia, anda tak bakal kesulitan menyesuaikannya dengan interior yang ada di ruangan anda. Selain bermacam-macam kelebihan lantai parket yang sudah disebutkan, perlu diperhatikan juga bahwa serangan rayap bersama dengan pergantian musim mampu merusak kayu. Keawetan lantai parket sangat ditentukan oleh jenis kayu dan juga cara pemeliharaannya. Parket kayu yang dirawat dengan rutin bakal menjamin nilai estetis dan keawetannya bakal awet sampai bertahun-tahun.


Parket kayu wajib menggunakan jenis kayu tertentu

Interior ruangan dari bahan kayu wajib memenuhi ketentuan-ketentuan tertentu. Jenis kayu yang dapat digunakan untuk material rumah mestilah jenis kayu yang kebal dengan pergantian musim dan rayap, contohnya jenis kayu bangkirai, damar laut, jati, merbau. Jangan lupa, kayu punya sifat mudah mengembang, retak dan menyusut jika tinggi kadar airnya, maka agar tahan lama kayu yang dipakai wajib minim kadar airnya.


Lihatlah baik-baik ruangan yang digunakan

Ketika merakit lantai parket, anda wajib memperhitungkan luas ruang yang akan digunakan. Permukaan lantai yang luas memerlukan struktur lantai yang kuat pula. Jangan lupa untuk menyisipkan material lain sebagai dasar sebelum perakitan lantai parket yang berbahan dasar kayu lunak, tujuannya adalah agar air tak merusak kayu. Jika menggunakan jenis kayu yang keras semacam jati, cobalah untuk menggunakan paku atau lem tertentu. Selanjutnya, untuk meningkatkan estetika dan membuat lebih mudah pengaturan mebel, susunan lantai parket juga wajib memperhitungkan format ruangan. Parket kayu sangat tepat ditata horisontal jika tatanan ruang melebar dan sangat tepat ditata vertikal jika tatanan ruang memanjang. Perakitan lantai parket pun perlu memperhatikan tingkat kerapiannya. Jika ingin lantai kayu anda senantiasa awet dan nyaman, sebaiknya anda memastikan lantai kayu tersusun dengan rata dan rapi.


Wajib dilakukan perawatan secara teratur

Agar senantiasa awet, lantai parket wajib mendapat perawatan tertentu. Pakailah vacuum cleaner atau sapu yang lembut untuk mengepel lantai parket. Sangat tak disarankan menggunakan air sabun atau kain basah sebab air bisa membuat kayu menjadi lembab yang akhirnya membuat kayu cepat rusak. Hal itu benar bahwa lantai parket sanggup membendung zat cair tetapi itu sekedar pada bidang teratas saja, karena itu andai saja ada zat cair yang tidak sengaja tumpah jangan menunda untuk membersihkannya. Pindahkan mebel anda jangan dengan  menggeser, karena bakal membuat lecet lantai parket, pindahkan dengan  mengangkatnya. Sekalipun cairan bisa membuat kayu lapuk, namun humiditas lantai parket perlu senantiasa dijaga, sebab itu, adalah tepat untuk menggosok lantai parket setiap 12 minggu sekali menggunakan zat cair pelembab tertentu. Pada setiap lantai parket kayu ada semacam kaitan untuk menyatukan parket kayu yang satu dengan parket kayu yang lain, kaitan ini dilapisi formalin. Manfaat formalin ini adalah menjadi penangkal serangan rayap, sebab rayap tak senang dengan formalin. Selain formalin, suntikan anti rayap setiap 3 tahun sekali bisa dipakai menjadi tambahan penangkal untuk memelihara lantai parket anda senantiasa awet.


Diperlukan tukang ahli untuk merakit lantai parket

Merakit lantai parket membutuhkan keterampilan tertentu, tidak sembarang tukang bangunan  bisa memasangnya dengan benar. Hal ini membuat lantai parket menjadi kurang sedap dilihat. Sense of art pada lantai parket  bakal tampak jika tukang yang memasangnya peduli dengan nilai seni. Tingkatan warna, motif serat, serta ukuran parket kayu wajib diperhitungkan dengan cermat oleh tukang. Tukang ahli dan terlatih dalam perakitan lantai parket sanggup menghidupkan semua potensi nilai estetis dan lantai kayu. Jika berkaitan dengan lantai parket, percayalah kami ahlinya. Silahkan kunjungi website kami untuk pemesanan atau bertanya-tanya lebih lanjut


0 komentar:

Post a Comment